Gerakan Pesawat Terbang

Hi guys!

Kali ini aku akan membahas gerakan pesawat terbang. Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada dua hal yang harus kita pahami terlebih dahulu.

A. Axes of Rotation (Sumbu Rotasi)

      Dalam pergerakan pesawat terbang terdapat 3 (tiga) sumbu rotasi yaitu sumbu lateral (lateral axes), sumbu vertikal (vertical axes), dan sumbu longitudinal (longitudinal axes). 

  1. Lateral Axes: sumbu yang sejajar dengan sayap pesawat atau dapat dikatakan sumbu ini membentang dari wingtip ke wingtip.
  2. Vertical Axes: sumbu ini membentang dari atas ke bawah badan pesawat.
  3. Longitudinal Axes: sumbu ini sejajar dengan fuselage atau badan pesawat. Dapat juga dikatakan bahwa sumbu ini membentang dari nose (hidung) ke tail atau trailing edge (ekor) pesawat.

Agar teman-teman lebih paham silakan perhatikan gambar berikut ya.

Pict source: Google

B. Aircraft Control Surface

      Aircraft control surface adalah bagian dari pesawat yang berada di permukaan pesawat yang berfungsi mengontrol pergerakan pesawat. Pada dasarnya ada 3 (tiga) control surface yang utama atau main control surface yaitu elevator, rudder, dan aileron.

  1. Elevator: terletak di horizontal stabilizer pada trailing edge.
  2. Rudder: terletak di vertical stabilizer pada trailing edge.
  3. Aileron: terletak di sayap.

     

      Setelah memahami kedua pemahaman dasar tersebut, kita akan membahas tentang gerakan pesawatnya. Gerakan pesawat terbang disebut juga aircraft motion atau aircraft movement. Pesawat terbang memiliki 3 (tiga) gerakan━ sesuai dengan sumbu dan control surface ya. Mari kita bahas satu per satu.

PITCH

GIF Source: https://howthingsfly.si.edu/

Pitch merupakan gerakan mendongak ke atas dan ke bawah. Gerakan ini terjadi pada sumbu horizontal dan control surface yang berperan adalah elevator. Bagaimana cara kerjanya? Elevator yang menghadap ke bawah akan menyebabkan posisi trailing edge naik ke atas sehingga menyebabkan nose menghadap ke bawah (pitch-down). Sebaliknya, ketika elevator menghadap ke atas akan menyebabkan trailing edge turun sehingga nose akan menghadap ke atas (pitch-up).

YAW

GIF Source: https://howthingsfly.si.edu/

Yaw merupakan gerakan pesawat ke arah kanan dan kiri. Gerakan ini terjadi pada sumbu vertikal dan control surface yang berperan yaitu rudder. Ketika rudder menghadap ke kiri, trailing edge akan bergerak ke kanan sehingga nose akan bergerak ke kiri. Sebaliknya, ketika rudder menghadap ke kanan, trailing edge akan bergerak ke kiri dan nose akan bergerak ke kanan.

ROLL

GIF Source: https://howthingsfly.si.edu/

Seperti namanya, roll merupakan gerakan mengguling pesawat yang terjadi pada sumbu longitudinal dan control surface yang berperan adalah aileron. Untuk melakukan gerakan roll antara aileron sayap kiri dengan sayap kanan akan melakukan gerakan yang berlawanan. Bagaimana maksudnya? Jadi ketika akan melakukan roll ke kanan, aileron sayap kiri akan diposisikan menghadap ke bawah dan atau aileron sayap kanan diposisikan menghadap ke atas. Sebaliknya ketika akan melakukan roll ke kiri aileron sayap kanan akan diposisikan menghadap ke bawah dan atau aileron sayap kiri diposisikan menghadap ke atas.


Aku pernah mendengar bahwa pada saat terbang dan berbelok, pesawat jarang mengandalkan rudder saja. Hal tersebut dikarenakan pergerakan yang terjadi cenderung membuat penumpang tidak nyaman. Sehingga biasanya pilot juga akan menggunakan aileron agar pergerakan pesawat lebih smooth. Selain itu, ketika di darat, biasanya pesawat akan menggunakan rudder sepenuhnya untuk memarkirkan pesawat.

Jadi begitulah cara pesawat bergerak teman-teman. Gimana? Semoga paham ya.

Sekian dari aku, semoga bermanfaat.
Thank you❤️
-Lin-

Komentar

Popular Articles

Pengukuran Massa

Gimana Nyamuk Terbang di Dalam Mobil yang Melaju?

Pengukuran Panjang